PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • EDI SUSANTO, SD Negeri Tambakromo 1 Geneng Ngawi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas V SD Negeri Tambakromo I Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/ 2016; 2) Mendeskripsikan; 2) Mendeskripsikan penerapan model active learning tipe role reversal question dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri Tambakromo I Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tambakromo I Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 58 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Tambakromo I Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi setelah menggunakan model active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa naik 5.8% dari kondisi awal 64.7 menjadi 70.5 pada siklus I, dan meningkat lagi 8.3% menjadi 78.8 pada siklus II. Siswa yang memperoleh nilai ≥75 meningkat 19% dari kondisi awal 36.2% menjadi 55.2% pada siklus I, dan meningkat lagi 39.6% menjadi 94.8% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa yaitu rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 72 meningkat 8.5% menjadi 80.5.


 


Kata kunci : hasil belajar, PKn, model active learning tipe role reversal question.

Published
2017-08-30
How to Cite
SD NEGERI TAMBAKROMO 1 GENENG NGAWI, EDI SUSANTO,. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 1-7, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/42>. Date accessed: 14 dec. 2018.