PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • SUHUD SD Negeri Tambakromo 1 Geneng

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VI SD Negeri Tambakromo 1 Geneng Ngawi; 2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VI semester gasal SD Negeri Tambakromo 1 Geneng Ngawi; 3) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VI semester gasal Negeri Tambakromo 1 Geneng Ngawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian  adalah  siswa kelas VI yang terdiri dari 58 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan tes objektif. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SD Negeri Tambakromo 1 Geneng Ngawi. Hal ini dapat dilihat pada kondisi awal keaktifan siswa hanya 20.7% atau hanya 12 siswa yang dikategorikan cukup aktif dari 58 siswa. Setelah diadakan tindakan siklus 1 presentase keaktifan siswa meningkat menjadi 36.2% atau 21 siswa yang dikategorikan aktif dari 58 siswa. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Tambakromo 1 Geneng Ngawi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa naik 3.4% dari kondisi awal 69.8 menjadi 73.2 pada siklus I, dan meningkat lagi 9.1% menjadi 82.3 pada siklus II. Siswa yang memperoleh nilai ≥75 meningkat 24.1% dari kondisi awal 39.7% menjadi 63.8% pada siklus I, dan meningkat lagi 27.6% menjadi 91.4% pada siklus II. Dengan demikian siklus II sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang ditentukan yaitu 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai ≥75, sehingga penelitian berhenti pada siklus II.


 


Kata  kunci:  keaktifan  belajar  siswa,  prestasi  belajar  siswa,  mata  pelajaran  PKn, jigsaw.

Published
2017-08-30
How to Cite
SD NEGERI TAMBAKROMO 1 GENENG, SUHUD. PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 8-14, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/43>. Date accessed: 16 aug. 2018.