PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS II SEKOLAH DASAR

  • SUPARTINI SD Negeri Tambakromo 1 Geneng Ngawi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode index card match pada siswa kelas II SD Negeri Tambakromo I Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/ 2016; 2) Mendeskripsikan; 2) Mendeskripsikan penerapan model metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas II SD Negeri Tambakromo I Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Tambakromo I Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 64 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥80% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Negeri Tambakromo I Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/ 2016 setelah menggunakan model active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa naik 6.4% dari kondisi awal 66.8 menjadi 73.2 pada siklus I, dan meningkat lagi 8.2% menjadi 81.4 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dengan rata-rata aktivitas siklus I sebesar 70.9 meningkat 8.9% menjadi 79.8.


 


Kata kunci : hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, metode index card match.


 

Published
2017-08-30
How to Cite
SD NEGERI TAMBAKROMO 1 GENENG NGAWI, SUPARTINI. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 15-21, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/44>. Date accessed: 23 oct. 2018.