PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS V SDN 1 KUPUK

  • Endang Pudjaningsih SDN 1 Kupuk

Abstract

Abstrak


 


Peningkatan kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara guru, orang tua, masyarakat, dan seluruh komponen pendidikan. Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inquiry untuk menumbuhkan kemampuan berpikir secara ilmiah serta mengkomunikasikan berbagi aspek penting kecakapan hidup. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan pembaharuan-pembaharuan strategi dalam pembelajaran. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Lebih khusus tujuan penelitian tidakan ini untuk :1) Mendeskripsikan bahwa strategi pembelajaran inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 1 Kupuk  Kecamatan  Bungkal  Kabupaten Ponorogo, 2) Meningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA kompetensi dasar Mendeskripsikan Struktur Bumi siswa Kelas V SDN 1 Kupuk  dengan diterapkannya strategi pembelajaran inquiry (menemukan).


Penelitian ini merupakah model penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti  berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting).


Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69 dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81, sedangkan prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus semua siswa 20 anak tuntas 100%. Dari hasil pengamatan siswa dan guru cenderung lebih baik setiap siklus, maka dapat disimpulkan bahwa : Ada Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi Melalui Strategi Pembelajaran Inquiry  Siswa Kelas V SDN 1 Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.


 


Kata Kunci : Struktur Bumi, Pembelajaran Inquiry


 Abstract               Improving the quality of education was a shared responsibility between teachers, parents, communities, and all components of education. Science learning should be conducted in an inquiry to grow scientific thinking ability and communicate important life skills aspects. To improve the quality of education required updating strategies in learning. The general purpose of this research was to produce instructional design that can be utilized to improve the motivation and achievement of elementary school students. More specifically the purpose of this research was to: 1) Describe that the inquiry learning strategy can improve the motivation of students in grade V SDN 1 Kupuk Bungkal Sub-district  Ponorogo District, 2) Increase the learning achievement of science subjects basic competence describe earth grade students class V SDN 1 Kupuk with implementation of inquiry learning strategy (finding).               This research was a classroom action research model. In this study researchers collaborated with other teachers as well as with the principal. Researchers were directly involved in research from the beginning to the end of the study. Researchers seek to see, observe, feel, live, reflect and evaluate the learning activities that take place. The stages of the action research implementation consist of planning (planning), implementation (acting), observation (observing), and reflection (reflecting).               From the research result, it is found that the average value in cycle I was 69 and the increase in cycle II average was 81, while the percentage of completeness in cycle I was 55% and in cycle all students 20 children 100% complete. From the observation of students and teachers tend to be better each cycle, it can be concluded that: There was Improvement of Ability to Describe the Earth Structure Through Inquiry Strategy of Students of Class V SDN 1 Kupuk Bungkal Sub-district Ponorogo District Even Semester Academic Year of 2016/2017. 


Key words: Earth Structure, Inquiry Learning 


 

Published
2017-08-30
How to Cite
SDN 1 KUPUK, Endang Pudjaningsih. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS V SDN 1 KUPUK. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 29-34, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/46>. Date accessed: 16 aug. 2018.