Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Dengan Penerapan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama

  • SUDARTO SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran IPA materi Keanekaragaman Makhluk Hidup dengan penerapan metode picture and picture pada siswa kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2015/ 2016; 2) Mendeskripsikan penerapan metode picture and picture dalam pembelajaran IPA materi Keanekaragaman Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA Semester Gasal SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2015/ 2016.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2016 dengan subyek penelitian adalah 34 siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa naik 10.5% dari kondisi awal 63.7 menjadi 74.2 pada siklus I, dan meningkat lagi 8.6% menjadi 82.8 pada siklus II. Siswa yang memperoleh nilai ≥75 meningkat 11.7% dari kondisi awal 41.2% menjadi 52.9% pada siklus I, dan meningkat lagi 38.3% menjadi 91.2% pada siklus II. Rata-rata aktivitas siklus I yaitu 70.2 meningkat 8.8% menjadi 79. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Keanekaragaman Makhluk Hidup pada siswa kelas VIIA semester genap SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2015/ 2016.


 


Kata kunci : hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, picture and picture.


 

Published
2017-08-30
How to Cite
SMP NEGERI 1 GENENG KABUPATEN NGAWI, SUDARTO. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Dengan Penerapan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 35-41, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/47>. Date accessed: 23 oct. 2018.