PENGARUH GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR IPS

  • ARIF SUHARSONO SDN 1 Bangsalan

Abstract

 


Abstrak


Guru harus mempersiapkan instrument pembelajaran di setiap kegiatan pembelajaran yang terdiri dari silabus, rencana pembelajaran, jurnal pembelajaran. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah : 1. Ingin mengetahui pengaruh gabungan metode ceramah dengan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar IPS, 2. Ingin mengetahui efektifitas gabungan metode ceramah dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar IPS.


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.


Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (46.15%), siklus II (69.23%), siklus III (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar IPS Materi Kenampakan Alam Dan Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga Siswa Kelas VI SDN 1 Bangsalan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.


 


Kata kunci : metode ceramah, kerja kelompok


 


 

Published
2017-08-30
How to Cite
SDN 1 BANGSALAN, ARIF SUHARSONO. PENGARUH GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR IPS. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 42-50, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/48>. Date accessed: 16 aug. 2018.