UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KISAH KAUM MUHAJIRIN DAN KAUM ANSAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS VI SDN 2 NGRANDU KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN PONOROGO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Arifin Setiyabudi SD Negeri 2 Ngrandu

Abstract

Abstrak


Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran.


Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar dengan diterapkannya model pembelajaran PAKEM? (b) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap motivasi belajar siswa?


Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran PAKEM.


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.


Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (67,86%), siklus II (100,00%)


Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PAKEM dapat berpengaruh positif terhadap Kemampuan Menceritakan Kisah Kaum Muhajirin dan Kaum Ansar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ngrandu Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI.


 


Kata Kunci : Belajar PAI, model PAKEM


 


Abstract


The success of the teaching and learning process in the classroom was determined by the learning strategy, however complete and clear the other components, without being implemented through the right strategy, then those components will have no meaning in the process of achieving the goal. Therefore every teacher will be required to apply certain strategies or methods in the implementation of learning.


This study was based on the problems: (a) How the improvement of the ability to tell the story of the Muhajirin and the Ansar by applying the model of PAKEM learning? (b) How the influence of the PAKEM model on student learning motivation?


While the purpose of this research were: (a) Want to know the improvement of student learning achievement after the implementation of learning strategy of thinking ability improvement, (b) Want to know the influence of student learning motivation after applied PAKEM learning model.


This research uses action research for three rounds. Each round consists of four stages: design, activity and observation, reflection, and refission. Target of this research was student of class VI. Data obtained in the form of formative test results, observation sheet of teaching and learning activities. From the analyst's result, it is found that students' learning achievement has increased from cycle I to cycle II that was, cycle I (67,86%), cycle II (100,00%).


The conclusion of this research was the PAKEM learning model can positively influence on the Ability of Telling the Story of the Muhajirin and the Ansar by Applying the PAKEM Learning Model on the Grade VI Students of SDN 2 Ngrandu Kecamatan Kauman Ponorogo District Even Semester of the Lesson Year 2016/2017, and this learning model can be used As one of the alternative learning of PAI.


 


Keywords: Learning PAI, PAKEM model



Published
2017-08-30
How to Cite
SD NEGERI 2 NGRANDU, Arifin Setiyabudi. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KISAH KAUM MUHAJIRIN DAN KAUM ANSAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS VI SDN 2 NGRANDU KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN PONOROGO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 51-55, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/49>. Date accessed: 16 aug. 2018.