PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT

  • NANING SUJATI SDN 3 Wringinanom

Abstract

Abstrak


Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.


Yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament ? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament terhadap motivasi belajar PKn? (c) Bagaimanakan peningkatan kemampuan mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament ?


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) dengan tahapan rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Wringinanom Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.


Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I 66,67, siklus II 73,33, siklus III 83,33. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar serta kemampuan mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat siswa kelas IV SDN 3 Wringinanom Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017.


 


Kata Kunci : kooperatif, team games tournament


 


Abstract


Teachers should prepare learning instruments in each learning activity that consisting of syllabus, lesson plan, learning journal. In the preparation had been containing about, the purpose of teaching, the subject to be taught, teaching method, learning material, manner and had used evaluation technique. Therefore, every teacher must understand correctly about the purpose of teaching, specifically choosing and determining teaching method in accordance with the purpose to be achieved. The research purpose were: 1. Want to knew the influence of combination of lecture method with group work method to IPS learning result, 2. Want to knew the effectiveness of combination of lecture method with group work method in improving motivation of IPS learning.


This research was using action research for three cycles. Each cycle consists of four stages: design, activity and observation, reflection, and revise. Target of this research was student of class VI. Data obtained in the form of formative test results, observation sheet of teaching and learning activities.


From the analysis results obtained that the students' learning achievement increased from cycle I to cycle III that was, cycle I (46.15%), cycle II (69.23%), cycle III (100%). The conclusion of this research was the combination of lecture method with the working group can had a positive effect on the achievement and motivation of IPS learning Material of Natural Appearance and Social Condition of Neighboring Countries of six Grade Students SDN 1 Bangsalan Sambit sub-district Ponorogo District Even Semester Academic year of  2016/2017.


 


Keywords: lecture method, group work


 



Published
2017-08-30
How to Cite
SDN 3 WRINGINANOM, NANING SUJATI. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/50>. Date accessed: 23 oct. 2018.