PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS BERBENTUK PROCEDURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • SRIYONO SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi

Abstract

Abstrak


Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk menyusun teks procedure, mengembangkan strategi pembelajaran dan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan, Siswa dapat melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan komunikasi dengan mengemukakan gagasan, pendapat dan perasaannya secara sederhana baik lisan maupun tertulis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IXB SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2015/ 2016. dengan jumlah siswa sebanyak 41 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/ pengamatan dan pemberian test performance siswa dengan bentuk test tulis. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pengamatan mengindikasikan bahwa 29 dari 41 siswa (70,73%) terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Nilai siswa hasil dari evaluasi test tulis hanya 1 orang siswa (0,22%) saja yang masih belum mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal). Nilai post test siswa berupa evaluasi individu melalui Lembar Kerja Siswa menunjukan Sebanyak 3 siswa (0,07%) mendapat nilai C ‘good’, 17 siswa (0,41%) mendapat nilai D ‘fair’, 20 siswa (0,49%) mendapat nilai E ‘poor’ Akhirnya penulis menyimpulkan berdasarkan penjelasan pada pembahasan diatas bahwa tujuan penelitian yang telah dilaksanakan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk prosedur dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.


 


Kata kunci : hasil belajar, Bahasa Inggris, teks procedure, model pembelajaran make a match  

Published
2017-08-30
How to Cite
SMP NEGERI 2 KARANGJATI KABUPATEN NGAWI, SRIYONO. PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS BERBENTUK PROCEDURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 73-79, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/52>. Date accessed: 23 oct. 2018.