PENGARUH BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • KASMIN SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi

Abstract

 


Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tentang strategi belajar kelompok yang diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi dalam belajar Bahasa Inggris; 2) Untuk mengetahui apakah belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi dalam belajar Bahasa Inggris; 3) Untuk mengetahui konstribusi belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi dalam belajar Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi belajar kelompok dalam belajar bahasa Inggris lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sistem belajar secara individu; 2) belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi. Semakin kontinyu belajar kelompok dilaksanakan, maka semakin meningkat hasil belajar bahasa Inggris yang dicapai oleh siswa kelas VII; 3) Belajar kelompok memberikan kontribusi positif terhadap perubahan perilaku dan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VII.


 


Kata kunci : kelompok belajar, hasil belajar, Bahasa Inggris.


 


 

Published
2017-08-30
How to Cite
SMP NEGERI 2 KARANGJATI KABUPATEN NGAWI, KASMIN. PENGARUH BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Cakra Buana Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 80-85, aug. 2017. ISSN 2460-7886. Available at: <https://stikesponorogo.ac.id/ojs/index.php/cabud/article/view/53>. Date accessed: 16 aug. 2018.